Pages Menu
Categories Menu

Posted on 23 Dec 2018

LAM Riau Beri Gelar Adat Rida K Liamsi

Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menganugerahi gelar adat kepada Rida K Liamsi dengan sebutan Datuk Seri Lela Budaya. Gelar ini diberikan atas kepedulian dan sumbangan nyata Rida baik pribadi maupun kelembagaan terhadap geliat dinamika kebudayaan Melayu di rantau ini.

Acara penabalan gelar Datuk Seri Lela Budaya ini dilaksanakan pada Rabu (16/3/2016) di Balai Adat Melayu Riau di Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Hadir pada acara ini antara lain Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi  Rachman, Plt Ketua Umum Mejelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau OK Nizami Jamil beserta jajarannya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Al Azhar beserta pengurus lainnya, konsulat Malaysia untuk Riau. Tampak juga mantan Wakil Gubernur Riau Rivaie Rachman, mantan Ketua Umum LAM Riau Azaly Djohan, serta sejumlah tokoh masyarakat Riau.

Dalam kata sambutannya Ketua Umum DPH LAM Riau Al Azhar mengatakan, penganugerahan gelar kehormatan adat ini berdasarkan pandangan bahwa Rida K Liamsi telah memberikan jasa yang luar biasa terhadap kelestarian adat istiadat Melayu Riau khususnya, kebudayaan dan peradaban alam Melayu pada umumnya.  Jasa yang luar biasa itu diperlihatkan melalui kepedulian dan sumbangan nyata Rida baik pribadi maupun kelembagaan terhadap geliat dinamika kebudayaan Melayu di rantau ini.

“Gelar yang diberikan LAM Riau kepada tuan Rida K Liamsi adalah gelar kehormatan kepada beliau, dilakukan melalui serangkaian proses musyawarah dan mufakat Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (sesuai dengan ART LAM Riau pasal 30),” ujar Al Alzar.

Dengan demikian, kata Al Azhar, gelar Datuk Seri Lela Budaya merujuk pada makna seseorang yang secara luar biasa berseri keikhlasannya dalam pandangan kebudayaan, sekaligus seorang yang memperoleh seri keikhlasan budaya. Makna dari gelar tersebut senantiasa mengandung kenyataan dan harapan, sehingga dengan demikian juga terpatri erat seuntai doa, berserilah budaya Melayu.

Sementara Rida K Liamsi penerima gelar Datuk Seri Lela Budaya mengatakan, pada hakekatnya gelar ini adalah untuk semua masyarakat. Untuk orang-orang Melayu yang tengah memperjuangkan eksistensinya, baik di kancah nasional maupun internasional.

“Kita terus dihadapkan dengan berbagai cabaran, betapa tingginya nilai dan budaya dari rumpun bangsa Melayu ini. Salah satunya adalah bahasa Melayu sebagai dasar dari bahasa Indonesia,” ujar Rida.

Semantara itu, Plt Ketua Umum MKA LAM Riau OK Nizami Jamil mengucapkan tahniah atas pemberian gelar Datuk Seri Lela Budaya kepada Rida K Liamsi. “Kita tahu, sosok seorang Rida sejak remaja hingga kini telah banyak berbuat dalam mengembangkan budaya Melayu serta ikut melestarikan budaya Melayu. Jadi sudah wajar sosok Rida diberikan gelar ataupun anugerah tersebut. Mudah-mudahan pemberian gelar tersebut berfaedah bagi Rida K Liamsi,” ujarnya.

Sumber : Koran Riau

1
×
Assalammualaikum,
Ada yang bisa saya bantu?